Soto Semurup

Jambi Oleh

PDIP Kreatif

| 16/12/2020

Perbedaan Soto Semurup dengan soto lainnya adalah daging sapi di dalamnya sudah dimasak menjadi dendeng terlebih dahulu.

Soto Semurup adalah kuliner khas Sungai Penuh, Kerinci, Jambi. Ada kedai  makan Soto Semurup telah ada sejak puluhan tahun lalu di dalam area Pasar Semurup. Untuk menuju ke lokasi hanya dibutuhkan naik kendaraan sekitar 20 menit bila ditempuh dari Sungai Penuh. 

Masakan khas ini sedikit mirip dengan soto-soto yang ada dengan pelengkap berupa soun, perkedel kentang serta potongan dendeng sapi renyah. Benar-benar lezat ketika dinikmati untuk melawan hawa dingin di kawasan Kerinci. Aneka bumbu penyumbang rasa gurih pada kuahnya diolah dari berbagai rempah yang dihasilkan olen pertanian di sana.

Soto ini juga disajikan di mangkok. Isi soto di dalam mangkuk antara lain nasi, sayuran, dendeng sapi, dan soun atau bihun. Kuah soto ini berwarna kuning bening dan ditambah dengan kerupuk merah atau bawang goreng.

Sedikit perbedaan antara Soto Semurup dan soto lainnya adalah daging sapi di dalamnya sudah dimasak menjadi dendeng terlebih dahulu, sedangkan daging di dalam soto lainnya hanya daging yang direbus dan dimasukkan ke dalam kuah.