Tari Serampang Dua Belas

Sumatera Utara Oleh

Admin PDIP Kreatif

| 18/05/2019

Tari Serampang Dua Belas ini menggambarkan fase-fase dalam percintaan sepasang kekasih, dari pertemuan hingga menuju pelaminan.


Karakteristik Budaya

Musik/alat Kecapi, rebana dan musik tradisional Melayu lainny

Lagu/nyanyian Lagu Pulau Sari

Pertunjukan dimainkan secara Kelompok , Sebanyak <10 Orang

Tari Serampang Dua Belas adalah salah satu tarian tradisional yang berasal dari Serdang Bedagai, Sumatera Utara. Tarian ini termasuk tarian pergaulan yang dimainkan oleh beberapa penari pria dan wanita secara berpasangan. Selain kaya akan nilai seni, tarian ini juga kaya akan makna dan nilai-nilai kehidupan di dalamnya.

Tari Serampang Dua Belas pertama kali diciptakan pada tahun 1940an oleh salah satu seniman bernama Sauti. Tarian ini awalnya diperkenalkan ke publik dengan nama Tari Pulau Sari, hal ini disesuaikan dengan judul lagu yang mengiringinya yaitu lagu “Pulau Sari”.

Seiring dengan berjalannya waktu, tari Tari Serampang Dua Belas mulai sering ditampilkan di berbagai acara, baik di daerah maupun tinggat nasional. Hingga akhirnya tarian ini mulai dikenal dan sering ditampilkan di daerah lain. Untuk menjaga dan melestarikan karya tersebut, pemerintah daerah kemudian mematenkannya dan menjadikan tari Tari Serampang Dua Belas sebagai icon kesenian di kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara.