Tari Pedang Mualang

Kalimantan Barat Oleh

Admin PDIP Kreatif

| 08/04/2020

Tari ini dilakukan oleh para kesatria untuk mendatangkan rasa semangat dan kepercayaan berperang sebelum melaksanakan ekspedisi Mengayau


Karakteristik Hiburan

Musik/alat .

Lagu/nyanyian .

Pertunjukan dimainkan secara Perorangan

Tari Pedang Mualang adalah  tarian tunggal tradisional yang umumnya dipentaskan untuk menghibur masyarakat, seperti acara Gawai Belaki Bini (pesta pernikahan), acara Gawai Dayak (pesta panen padi), dan acara lainnya.

Dalam pertunjukannya, tarian ini lebih mengedepankan gerakan yang sangat atraktif dengan memakai pedang sebagai propertinya.

Berdasarkan sejarah, bahwa dimasa lalu, tarian ini dilakukan oleh para kesatria untuk mendatangkan rasa semangat dan kepercayaan dalam berperang sebelum melaksanakan ekspedisi Mengayau dengan memakai alat perang tradisional. Hal tersebut berguna untuk memperkuat kepercayaan mereka bahwa mereka harus menang didalam melawan baik itu serangan maupun dalam menyerang lawannya. Tarian ini umumnya akan diiringi oleh tebah tradisional yang disebut dengan tebah Undup Banyur, namun ada kalanya juga dilakukan dengan Tebah Undup Biasa.