Mencapai Indonesia Merdeka

Jawa Barat Oleh

Admin PDIP Kreatif

| 03/05/2019

Buku ini memang dirancang untuk mengingatkan kembali tentang perjuangan rakyat indonesia dalam merebut kemerdekaan.

Dalam merebut kemerdekaan pun bukan perkara mudah, rakyat indonesia harus melalui berbagai ujian yang sangat besar dan anarkis. Mulai dari kekejaman yang dilakukan oleh belanda, yang terkenal culturstelsel (tanam paksa), jepang dengan romusha (kerja rodi) dan portugis dengan monopoli perdagangan rempah rempah.

Buku ini juga menjadi pengingat untuk rakyat indonesia yang hingga saat ini masih belum mencapai kemerdekaan yang hakiki. Dalam mencapai kemerdekaan yang hakiki disini adalah dengan konsep politik yang sering di dengungkan oleh soekarno yakni politik self help and non cooperation/berdiri di kaki sendiri (berdikari). 

Berawal dari penolakan tesis “Profesor Veth”: Indonesia tidak pernah merdeka, dari zaman Hindu sampai Belanda. Tetapi sebaliknya, kerajaan Hindu itulah yang menjadi penguasa negara Indonesia dan dijajah oleh Belanda.

Ketika itu negeri Indonesia merdeka, melainkan penduduk lah yang menjadi pengasah pisau penjajah yang memanfaatkan kaum jelata untuk memuluskan Vroeg Kapitalisme Eropa di Benua Asia.

Demi memuluskan Vroeg Kapitalisme, penjajah mengapilakasikannya dengan cara merubah paham Feodalisme kuno ke Feodalisme baru. Dengan kata lain, memporak-porandakan kerajaan dari dalam.