Pasar Ikan Lampulo ACEH
Oleh

pdipkreatif

| 12/02/2019

Pasar Lampulo, adalah pasar ikan terbesar di Banda Aceh. Letaknya berada pada pelabuhan tertua yang sudah ada sejak zaman Kerajaan Aceh.

Sekitar satu atau dua jam sebelum pukul tujuh pagi ratusan warga Banda Aceh, khususnya penjual ikan menuju kesana. Aktivitas ini terjadi setiap harinya terkecuali hari besar keagamaan dan pengecuali lainnya yang disepakati bersama. Perputaran uang di pasar ini bisa mencapai sekitar satu milyar seharinya. Hasil alam yang terdapat di laut ini tidak hanya sekedar menghidupi warga Lampulo namun juga bisa membuka kesempatan untuk berbagai jenis lapangan kerja bagi warga Banda Aceh khususnya, dan Aceh umumnya. Seperti produksi ikan kayu (keumamah), ikan asin, abon ikan, dan ikan olahan lainnya. Selain itu dengan adanya pelabuhan ikan ini warga bisa membuka warung atau toko penjualan bahan-bahan untuk melaut dan juga menarik becak.

Pasar ikan Lampulo pernah luluh lantak akibat tsunami tahun 2004. Lampulo merupakan kawasan terparah dilanda tsunami. Hampir seperdelapan warga Lampulo meninggal dan hilang ketika tsunami. Pada 7 Januari 2014, Pasar ikan Lampulo diresmikan kembali sebagai lokasi perdagangan ikan terbesar di Aceh, berlokasi di kelurahan Lampulo, Kecamatan Kuta Alam, Kota Banda Aceh.