Tas Anyaman Plastik

Lampung Oleh

Admin PDIP

| 16/04/2019

Alat untuk membawa barang

Para ibu rumah tangga di Desa Way Sidomukti, Kecamatan Ketapang Lampung Selatan berkreasi dalam memanfaatkan tali plastik untuk dianyam menjadi tas anyaman.

Usaha pembuatan tas anyaman plastik tersebut, kini menjadi salah satu sumber ekonomi bagi keluarga.  Bahan plastik menyerupai tali, dibeli dari pasar. Pembuatan tas anyaman, dikerjakan memanfaatkan waktu luang. 

Awalnya, dalam sehari perajin hanya bisa membuat satu hingga dua tas. Kini setiap hari dapat membuat empat hingga enam tas anyaman plastik. Bahan tali plastik anyaman, yang semula dibeli dalam jumlah terbatas, kini dibeli dari Jakarta dengan harga lebih murah. Sebanyak 40 gulung tali plastik, disiapkan untuk stok pembuatan tas selama enam bulan.

Hasil tas anyaman plastik yang dibuat, memiliki tingkat kekuatan yang bagus dan awet, kerap dipakai masyarakat untuk ke sawah, tambak atau berbelanja di pasar, sehingga diminati kaum wanita.

Harga tas anyaman plastik dibanderol Rp20.000 untuk ukuran kecil, Rp30.000 ukuran sedang, Rp50.000 ukuran besar. Kini setiap pekannya, pasangan tersebut bisa berjualan di dua pasar tradisional, yaitu di pasar tradisional Sri Pendowo dan Pematangpasir.