Kebun Raya Solok

Sumatera Barat Oleh

Admin PDIP Kreatif

| 16/04/2019

Kebun Raya Solok berada di daerah administrasi berada di Nagari Aripan, Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok, Propinsi Sumatera Barat.

Secara geographis, terletak diperbukitan Tampa Dado ±4 Km dari kawasan pinggiran Danau Singkarak, dengan topografi datar berbukit. Sekitar 25 Km arah utara dari Aro Suka, Pusat Pemerintahan Kabupaten Solok. Di pinggir jalan alternatif Tingkat Propinsi yang menghubungkan Kota Solok dengan Kecamatan X Koto Diatas dengan kondisi jalan mulus aspal hotmik.

Dengan disetujuinya permohonan pendirian kebun raya baru yang diajukan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Solok, Propinsi Sumatera Barat ke Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor, LIPI, maka pada tahun 2009 dimulai pelaksanaan persiapan pembangunan kebun raya baru di Kabupaten Solok yang diawali dengan pembuatan masterplan Kebun Raya Solok pada tahun 2009.

Kebun Raya Solok dirancang untuk menonjolkan tema konservasi tumbuhan rempah, meskipun upaya konservasi berbagai jenis tumbuhan lainnya juga tetap mendapatkan perhatian yang tinggi. Tema ini dipilih karena masyarakat Sumatra Barat sangat akrab dengan pemanfaatan tumbuhan rempah dalam kehidupan kesehariannya, khususnya sebagai penyedap berbagai jenis masakan khas daerah ataupun dalam masakan padang yang sudah terkenal di seluruh Indonesia bahkan sampai ke manca negara. 

Pintu masuk utama dipilih dari arah pertigaan menuju pintu yang diantara ada ruang (sebagai ruang penghantar), memperjelas kawasan dan megah. Gate setelah mentransfomasikan bentuk budaya dan kearifan lokal, terpilih bentuk topiary rumah gadang, yaitu bentuk rumah kerangka besi yang ditanami tanaman rambat. Ticket Booth posisinya dibawah dari topiary gate pemilihan bentuknya mengarah kepada bentuk yang sudah sangat terkenal yaitu jam gadang.