Kebun Raya Bukit Sari JAMBI
Oleh

pdipkreatif

| 11/02/2019

Kebun Raya Bukit Sari berada di antara dua kabupaten: Batanghari dan Tebo, Provinsi Jambi.

Berdasar topologi, tanah wilayah konservasi ini bergelombang, berbukit-bukit terjal, diikuti dengan lembah yang cukup dalam.

Pembangunan Kebun Raya Bukit Sari Jambi mula-mula diprakarsai oleh Bupati Bungo Tebo, Abdul Muthalib, pada tahun 1990 untuk mempertahankan keberadaaan tanaman khas yang ada di daerah tersebut. Lokasi Kebun Raya Bukit Sari, Jambi dibangun di kawasan Hutan Wisata Bukit Sari, Jambi mencakup areal seluas 425 ha yang berlokasi di Jalan Raya Jambi – Padang km 138 dari Kota Jambi. Sebagian Kawasan ini masuk wilayah Kabupaten Batanghari dan sebagian lainnya masuk wilayah Kabupaten Tebo; terletak pada ketinggian 50 – 105 m dpl

Di Kebun Raya Bukit Sari terdapat sekitar 500 spesies tanaman asli Jambi yang berguna untuk ilmu pengetahuan. Kebun Raya Bukit Sari merupakan hutan sekunder dengan vegetasi yang masih baik. Jenis pohon didominasi oleh pohon Plajau, Tenggeris. Meranti, Jelutung, Kedondong, Kenari dan Terap. Beberapa pohon pioneer seperti Mahang tersebar luas di suatu tempat terbuka. Pohon merambat yang sering dijumpai adalah dari suku Annonaceae yang sering sijumpai disekitar yang tidak terlalu tinggi dan padat. Glicenia hidup subur. Biasanya selitar lembah yang kandungan tanahnya agak lembab, diikuti dengan pohon paku dan anggrek jenis ploclottis.