Wijaya Kusuma JAWA TENGAH
Oleh

pdipkreatif

| 18/12/2018

Epiphyllum anguliger

WIJAYA KUSUMA (Epiphyllum anguliger) termasuk jenis kaktus, divisi anthophita, bangsa opuntiales dan kelas dicotiledoneae. jenis kaktus terdapat sekitar 1.500 jenis (famili). Bunga wijayakusuma hanya merekah beberapa saat saja dan tidak semua tanaman wijaya kusuma dapat berbunga dengan mudah, tergantung dari iklim, kesuburan tanah dan cara pemeliharaan. Pada umumnya tanaman jenis kaktus sukar untuk ditentukan morfologinya, tetapi wijaya kusuma dapat dilihat dengan jelas mana bagian daun dan mana bagian batangnya, setelah tanaman ini berumur tua. Batang pohon wijaya kusuma sebenarnya terbentuk dari helaian daun yang mengeras dan mengecil. Helaian daunnya pipih, berwarna hijau dengan permukaan daun halus tidak berduri, Pada setiap tepian daun wijaya kusuma terdapat lekukan dekukan yang ditumbuhi tunas daun atau bunga. Kandungan kimia dalam tanaman ini belum diketahui secara pasti karena belum ada penelilian khusus untuk tanaman ini, namun tanaman ini mempunyai daya ampuh meredam rasa sakit dan menetralisir pembekuan darah. Bagian tanaman yang digunakan sebagai obat adalah bunga dan batangnya. Pemakainan dapat dalam bentuk segar atau dikeringkan untuk penyimpanan.

CARA MENDAPATKAN WIJAYA KUSUMA

Perbanyakan tanaman dengan cara anakan. Perawatannya dengan pemupukan, pengendalian hama dan gulma serta penyiraman air yang cukup. Tanaman ini dapat hidup subur di daerah sedang sampai tropis dan tumbuh baik ditempat yang tidak terlalu panas. Tanaman Wijaya kusuma dapat diperoleh di Unit Konservasi dan Budidaya Biofarmaka, Pusat Studi Biofarmaka LPPM IPB.

KHASIAT WlJAYA KUSUMA

Bunga Wijayakusuma rasanya manis, sifatnya netral, berkhasiat antiradang, penghenti perdarahan (hemostatis), obat betuk dan peluruh dahak (mukolitik). Batang rasanya asin, asara, sifatnya sejuk, dan berkhasiat antiradang.

Wijaya kusuma dipercaya dapat mengobati:

•          TB paru dengan batuk dan dahak berdarah,

•          Sesak napas (asma),

•          Radang tenggorok (faringitis),

•          Nyeri lambung (gastritis), muntah darah, dan Perdarahan rahim (utcrme bleeding).

RESEP

1.    Obat Luka

Satu helai daun wijayakusuma ditumbuk halus kemudian dioleskan pada luka dan dibalut verban.

2.    Obat TB paru dengan batuk dan dahak berdarah

Rebus bunga wijayakusuma segar (3-5 kuntum), dengan tiga gelas air sampai tersisa satu gelas. Tambahkan gula aren (15 g). Setelah dingin, saring dan minum airnya sehari dua kali, masing-masing setengah gelas. Lakukan setiap hari sampai sembuh.

3.    Obat Perdarahan Rahim

Bersihkan bunga wijaya kusuma segar (2-3 kuntum) dan daging tanpa lemak (50 g), lalu potong-potong seperlunya. Masukkan ke dalam mangkuk tambahkan air sampai semua bahan terendam, lalu tim. Setelah dingin, minum airnya. Isinya dimakan. Lakukan sehari dua kali, masing-masing separuhnya.

4.    Obat Sesak Napas

Cuci bunga wijayakusuma segar (3-5 kuntum), lalu potong-potong seperlunya. Masukkan ke dalam mangkuk, tambahkan gula batu dan air sampai permukaannya terendam seluruhnya, lalu tim. Setelah dingin, saring dan minum airnya sehari dua kali, masing-masing separuhnya.