Ylang Ylang BALI
Oleh

pdipkreatif

| 18/12/2018

Cananga odorata

DESKRIPSI

YLANG-YLANG, yang merupakan varian dari kenanga, memiliki nama latin yang sama dengan kenanga yaitu Cnnnngr, odcrata(Lam.) Hook.f. & Thomson. Bisanya, untuk membedakan dari kenanga biasa adalah dengan menambahkan "var genuina" di belakang nama latin tersebut menjadi Cananga odoratn (Lam.) var. genuina. Ylang-ylang berasal dari Filipina. Kata Ylang-ylang sendiri dalam bahasa Tagalog berarti bunganya bunga.

Perbedaan morfologi antara tanaman kenanga dengan ylang-vlang dapat dilihat antara lain dari habitus, bentuk daun dan warna ranting muda serta tangkai dan tulang daun. Ylang-ylang habitusnya ramping dan batangnya relatif kecil, cabang-cabang agak jarang sehingga nampak daunnya kurang rimbun. Sebaliknya kenanga pada umumnya habitusnya gemuk batangnya besar (kokoh), cabang agak rapat sehingga daunnya nampak rimbun. Bentuk daun kenanga hampir sama dengan ylang-ylang yaitu lonjong. Perbedaan terletak pada perbandingan panjang dan lebar daun. Daun kenanga perbandingan panjang dengan lebar daun lebih kecil dari pada daun ylang- ylang sehingga nampak daun kenanga lebih lebar dari daun ylang-ylang.

Di samping itu urat daun kenanga lebih kecil sehingga nampak lebih lemas, permukaannya datar (rata) dan warnanya hijau muda. Sebaliknya daun ylang-ylang nampak lebih sempit, urat daun lebih besar sehingga daun nampak lebih kaku, permukaan keriput dan warnanya hijau tua. Bunga tersusun pada suatu tandan, tiap tandan berisi 2-20 kuntum, kelopak bunga tiga helai, mahkota bunga enam helai dengan panjang 4-8 cm, sempit dan ujungnya melengkung ke belakang. Tangkai bunga panjangnya 3-5 cm. Bunga yang baru mekar berwama hiaju, berbulu tebal sehingga nampak putih kehijau-hijauan. Setelah dewasa bunga berwarna kuning kemudian kuning tua. Pada bunga dewasa tersebut kandungan dan mutu minyaknya mencapai maksimum. Buah merupakan polong, bentuknya lonjong dengan panjang sekitar 4 cm dan berdaging lunak. Setiap buah mengandung 8-12 biji yang bentuknya pipih, permukaan kulit buah tidak rata, setelah masak warnanya cokelat mengkilap. Ylang- ylang adalah tanaman yang terkenal karena kandungan minyak esensialnya yang tinggi, yang diekstrak dari bunga dewasa dan dijadikan bahan produksi parfum. Berdasarkan Association Francaise de Normaliation (AFNOR), terdapat 15 senyawa standar yang harus dimiliki minyak ylang-ylang untuk bisa diajadikan bahan parfum, yaitu prenil asetat, p-kresil metil eter, rnetil ben/eat, linalool, benzil asetat, geraniol, geranil asetat, (E)-sinamil asetat, kariofilena, germakrena D, (E,£)-a-fernasena, (£,E)-farnesol, benzil benzoat, (E,E)-farnesil, dan benzil salisilat. Selain senyawa-senyavva yang ada dalam minyak esensialnya, di dalam batang ylang-ylang terdapat beberapa senyawa di antaranya antaranya O-metilmosatolina, liriodenia, dan asam 3,4-dihidroksi benzoat. Ketiga senyawa ini telah diuji memiliki aktivitas antifungi (antijamur) Candida albicans yaitu jamur penyebab keputihan pada kaum perempuan. Di dalam buah ylang-ylang diketahui mengandung alkaloid guaipiridin sesquterpena daneudesmana sesquiterpen yang berpotensi dapat mencegah penyakit kanker hati. Selain itu beberapa senyawa kelompok lakton yang berkhasiat antibakteri juga telah diidentifikasi terdapat pada daun dan batang ylang-ylang.

CARA MENDAPATKAN YLANG-YLANG

Di Indonesia, daerah budidaya ylang-vlang terdapat di Kabupaten Lebak, Banten. Tanaman ini di budidaya di lahan seluas 600 hektar yang dikelola oleh PT Perhutani dan Pemkab Lebak.

BAGIAN YANG DIGUNAKAN

Bunga dewasa, daun, batang, buah.

KHASIAT YLANG-YLANG

Minyak esensial yang dihasilkan ylang-ylang diketahui memiliki banyak manfaat. Di antaranya, dapat memberikan efek relaksasi dan dapat menurunkan tekanan darah (Hongratanaworakit & Buchbauer 2006). Selain itu, kandungan germakrena yang terdapat dalam minyak esensialnya juga berkhasiat antioksidan. Minyak esensial Ylang- ylang juga terbukti memiliki aktivitas antibakteri dan antifungi, sehingga digunakan sebagai zat aditif alami untuk pengawet makanan. Minyak ylang-ylang juga terbukti sebagai penolak nyamuk, khususnya nyamuk Culex quinquefasciatus (nyamuk penyebar penyakit kaki gajah). Selain minyak esensialnya yang berkhasiat, senyawa alkaloid yang terdapat pada buahnya berpotensi digunakan sebagai antikanker. Selain itu dapat mengobati insomnia.

RESEP

Insomnia

Tambahkan 3 tetes minyak lavender, 1 tetes minyak chamomile dan 1 tetes minyak Ylang Ylang ke air mandi dan aduk biarkan selama 15 menit gunakan untuk berendam atau mandi untuk efek relaksasi. Minyak Ylang Ylang diperoleh dari proses penyulingan.