Urang Aring BANTEN
Oleh

pdipkreatif

| 18/12/2018

Eclipta alba

TANAMAN liar dengan nama latin Eclipta alba ini memiliki tangkai banyak dengan tinggi mencapai 80 cm. Batang tanaman urang aring berwarna hijau kecokelatan dengan bentuk bulat dan berambut putih agak kasar. Daunnya berwarna hijau berbentuk bulat telur memanjang dengan ujung daun meruncing, dan pinggir daun bergerigi halus hampir rata. Permukaan daun pun berambut agak kasar seperti batangnya. Bunganya majemuk berbentuk bongkol berwarna putih kecil. Buah urang aring memanjang, pipih, keras, dan berbulu.

CARA MENDAPATKAN URANG ARING

Urang aring yang kadang dikenal dengan nama ta-lentayan, daun sipat, keremak janten atau daun tinta dapat ditemukan di seluruh Indonesia. Tanaman ini biasanya tumbuh di tempat terbuka seperti di pinggir jalan, tanah lapang, ataupun pinggir selokan. Salah satu tempat untuk mendapatkan urang aring ialah di Unit Kebun Konservasi dan Budidaya Biofarmaka, Pusat Studi Biofarmaka LPPM IPB.

BAGIAN TANAMAN YANG DIGUNAKAN

Seluruh bagian tanaman, daun.

KHASIAT URANG-ARING

Seluruh bagian tanaman urang-aring sering digunakan untuk berbagai penyakit seperti muntah darah, mimisan, kencing darah, hepatitis, diare, dan keputihan. Tanaman ini pun dikenal dengan nama daun tinta karena dikenal dapat mengobati masalah rambut yang memutih terutama pada usia muda, dan juga sangat terkenal sebagai penyubur rambut.

RESEP

1.       Penyubur rambut

Satu genggam daun urang-aring dilumatkan dan ditambahkan air sebanyak 2 gelas, lalu disaring. Air ini kemudian diembunkan selama satu malam, dan ke esokan harinya dapat digunakan di kulit kepala sambil dipijat-pijat.

2.       Diare

Sebanyak 30 g seluruh bagian tanaman urang-aring direbus, lalu diminum.

3.       Batuk darah

Sebanyak 60 g seluruh bagian tanaman urang-aring dilumatkan, lalu diperas. Air perasan diseduh dengan air hangat lalu diminum.