Zodia DI YOGYAKARTA
Oleh

pdipkreatif

| 18/12/2018

Evodici Sauveolens

ZODIA (Evodici Sauveolens) adalah tumbuhan yang masih tergolong dari suku jeruk- jerukan (Rutacea) dan merupakan tanaman endemik Indonesia yang berasal dari Papua. Tanaman ini mampu hidup pada ketinggian antara 400-1.000 m dpl. Tanaman ini telah dimanfaatkan oleh masyarakat asli Papua sebagai sebagai media untuk mengusir serangga dan nyamuk dengan cara dengan cara mengusapkan daun zodia ke seluruh tubuh.

Zodia mempunyai tinggi berkisar antara 50-200 cm dengan rata-rata tinggi sekitar 75 cm. Daunnya berbentuk pipih memanjang agak lentur dengan warna kuning kehijau- hijauan. Panjang daunnya berkisar antara 230 cm.

CARA MENDAPATKAN TANAMAN ZODIA

Perbanyakan tanaman melalui biji atau stek ranting. Tidak memerlukan perawatan yang khusus. Tanaman ini mampu hidup pada ketinggian antara 400-1.000 m dpl. Bibit zodia dapat diperoleh di Kebun percobaan Pusat Studi Biofarmaka LPPM IPB.

BAGIAN TANAMAN YANG DIGUNAKAN

Daun.

KHASIAT ZODIA

Daunnya dapat digosokkan ke lengan atau tubuh sehingga aroma daun zodia dapat digunakan untuk pengusir nyamuk dan penghilang bau badan. Selain itu daunya juga dapat digunakan sebagai tonik dan penambah stamina kulit batangnya sebagai pereda deman malaria.

RESEP

1.    Daunnya dapat dimakan langsung sebagai penambah stamina.

2.    Daunnya digosokkan ke tubuh, aroma yang dikeluarkan sebagai penghilang bau badan dan pengusir nyamuk.

3.    Kulit batang direbus, hasil air rebusan disaring lalu diminum sebagai pereda demam malaria.