Sarang Semut

Papua Oleh

Admin PDIP Kreatif

| 26/04/2019

Sarang semut merupakan tanaman obat khas Papua.

Sarang semut, tumbuh pada dahan atau batang tumbuhan dan banyak ditemukan di daerah Papua. Tumbuhan ini bersifat epifit, artinya menempel pada tumbuhan lain. Tidak hidup secara parasit pada inangnya, tetapi hanya memanfaatkannya untuk menempel.

Tumbuhan ini memang membentuk ruang atau lubang seperti sarang semut, dan memiliki labirin di dalam batangnya yang menjadi tempat hidup bagi semut.

Batang sarang semut yang membesar memiliki bentuk yang menyerupai umbi. Batang ini ternyata memiliki banyak manfaat, baik untuk daya tahan tubuh ataupun mengobati berbagai penyakit.

Umbi tanaman sarang semut merupakan obat yang bersifat panasea. Artinya, umbi sarang semut dapat mengobati segala macam penyakit, mulai dari penyakit ringan seperti wasir dan rematik hingga penyakit berat, misalnya kanker payudara dan kanker prostat.

Sarang semut diketahui mengandung flavanoid dan polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan sehingga sangat baik untuk pencegahan kanker. Selain itu, sarang semut juga mengandung tokoferol dan alfa-tokoferol, zat dengan aktivitas antioksidan tinggi yang mampu menghambat radikal bebas.