Daun Gedi

Sulawesi Utara Oleh

Admin PDIP Kreatif

| 15/04/2019

Merupakan tanaman obat khas Sulawesi Utara

Daun Gedi adalah jenis tanaman yang biasa disebut sebagai sayuran yondok, yang banyak tumbuh di Indonesia Timur khususnya Manado. Daun Gedi juga dapat digunakan sebagai sayuran tambahan dalam bubur Manado yang sangat terkenal. Tanaman daun gedi memiliki nama latin Hibiscus manihot I, sinonimnya Abelmoschus manihot. Daun tanaman ini memiliki ciri-ciri mirip daun papaya hanya saja lebih lembut permukaannya.

Tidak hanya enak untuk dijadikan makanan, daun gedi juga bisa digunakan sebagai sarana pengobatan. Penelitian menunjukan, manfaat daun gedi untuk kesehatan sangatlah banyak. Salah satu manfaatnya adalah sebagai suplai anti oksidan untuk melawan radikal bebas.

Daun Gedi mengandung banyak senyawa flavonoid yang salah satu khasiatnya adalah untuk menurunkan resiko penyakit kardiovaskular seperti jantung. Karena itu, bagi orang yang menderita penyakit seperti kolesterol, sakit jantung serta tekanan darah tinggi disarankan untuk mengkonsumsi daun gedi sebagai cara alami mencegah penyakit tersebut.