Bendungan Tanju

Nusa Tenggara Barat Oleh

Admin PDIP Kreatif

| 29/04/2019

Selain dari bertambahnya hasil produksi pertanian, Bendungan Tanju bisa menjadi sektor pariwisata dan perikanan.

Bendungan Tanju adalah bendungan yang terletak di provinsi Nusa Tenggara Barat, di kabupaten/kota Dompu. Bendungan ini memiliki kapasitas sebesar 18.27M³diharapkan dapat mengairi lahan seluas 3939 Ha, menyediakan pasokan air baku sebesar 0,05 M³/detik, dan menghasilkan listrik sebesar 0,50 MW. Bendungan ini diresmikan oleh Presiden Jokowi pada 30 Juli 2018.

Bendungan Tanju sendiri merupakan bendungan pertama yang ada di Kabupaten Dompu, yang mampu meningkatkan hasil produksi petani setempat. Memiliki letak geografis di kawasan tandus, semula petani Dompu hanya bisa panen satu kali dalam satu tahun. Keberadaan bendungan ini dapat membantu mereka panen tiga kali dalam satu tahun.

Bendungan Tanju memiliki pemandangan yang indah. Begitu masuk ke lokasi ini, terlihat deretan bukit berjajar mengelilingi bendungan tersebut. Tulisan Bendungan Tanju pun bisa menjadi ikon baru karena ditulis di sebuah pondasi batu mirip punden berundak. Bendungan yang ada di Kecamatan Manggelewa ini akan meningkatkan ekonomi masyarakat Dompu.